Pemprov Riau Bakal MoU dengan Menpar Wujudkan Wisata Halal
Jumat, 29/03/2019 - 11:16:49 WIB

PEKANBARU, - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan melakukan Memorendum of Understanding (MoU) dengan Kementerian Pariwisata dalam rangka mewujudkan pariwisata halal di Bumi Lancang Kuning.

"Kalau tidak ada perubahan nanti 9 April kita mendapat undang Menteri Pariwisata untuk MoU dalam rangka mewujudkan wisata halal," kata Gubernur Riau, Syamsuar, Kamis (28/3/19).

Menurutnya untuk mewujudkan pariwasata halal itu harus diiringi dengan industri yang halal juga. Karena itu diharapkan dukungan semua pihak.

"Makanya harapan kita wisata halal ini harus didukung dengan industri-industri syariah. Sehingga nanti makan restoran dan hotel bisa mencerminkan halal," ujarnya.

Karena menurutnya, di Pekanbaru saja ada lebih kurang 80 hotel namun baru sedikit yang mencerminkan menu makanan halal baru sedikit.

"Pekanbaru ada 80 hotel kalau tak salah, baru sedikit yang mencerminkan makanan halal. Saya sudah minta kepada pak Walikota Pekanbaru membantu kita dalam melengkapi persyaratan wisata halal baik di restoran dan di hotel-hotel yang ada di Pekanbaru," tukasnya.

Untuk diketahui,  wisata halal sebenarnya tidak jauh berbeda dengan wisata pada umumnya. Wisata halal merupakan konsep wisata yang memudahkan wisatawan Muslim untuk memenuhi kebutuhan berwisata mereka. Kebutuhan itu antara lain : adanya rumah makan bersertifikasi halal, tersedianya masjid/musholla di tempat umum, adanya fasilitas kolam renang terpisah antara pria dan wanita, dan lain-lain.

Wisata halal merupakan sebuah konsep pariwisata yang berpotensi untuk dikembangkan. Populasi Muslim dunia diprediksi akan mencapai 26,5% pada tahun 2030. Sedangkan jumlah pengeluaran wisatawan Muslim diprediksi akan mencapai 200 milyar dollar pada tahun 2020. Saat ini, hampir seluruh negara-negara di dunia mulai menjaring wisatawan Timur Tengah, seperti Malaysia, Singapura, Jepang, Korea, Thailand, dan lain-lain.

Sementara Indonesia memiliki penduduk Muslim terbesar dunia, sehingga sangat berpotensi untuk mengembangkan wisata halal, termasuk di Riau. (advertorial)






comments powered by Disqus

 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved