Dipercepat, Gubri Sebut Kapal Ro-Ro Dumai-Malaka Uji Coba 19 September 2019
Sabtu, 31/08/2019 - 17:52:24 WIB
Gubernur Riau Syamsuar
Gubernur Riau Syamsuar

PEKANBARU - Kapal RoRo rute Dumai-Malaka yang awalnya diperkirakan beroperasi pada awal tahun 2020, ternyata ada perubahan rencana untuk mempercepat pelaksanaannya.

Saat ditemui wartawan halloriau.com, Sabtu (31/8/2019) siang di Konsulat Malaysia, Gubernur Riau Syamsuar mengatakan bahwa rencana awal rute RoRo Dumai-Malaka ditargetkan akan selesai pada awal tahun 2020. Namun karena ada perubahan, rencana RoRo Dumai-Malaka dipercepat pelaksanaannya. Bila tidak ada halangan akan mulai uji coba tanggal 19 September 2019. 

"Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sudah melakukan kunjungan pada dua pelabuhan yang ada di Dumai. Di antaranya Pelabuhan PT Pelindo I dan Pelabuhan Dumai Berseri," ucap Syamsuar.

Saat kunjungan tersebut, sambung Gubri, Kementerian Perhubungan mengatakan sarana dan prasarana Pelabulah Pelindo I sudah cukup memadai. Tetapi masih menyatu dengan terminal yang melayani barang dan curah cair atau tidak khusus.

"Sedangkan Pelabuhan Dumai Berseri memadai dari segi kedalaman, terminal penumpang, gedung kantor pelayanan dan tempat parkir. Namun tempat pelayanan Bea Cukai, Imigrasi, Karantina belum ada. Itukan sebagai tempat pelayanan rute Internasional, dan harus disiapkan," jelas Gubri lagi.

Sambung Syamsuar, sebelum dilakukan uji coba, nantinya pada tanggal 17 September 2019, Pemerintah Indonesia dan Malaysia akan mengadakan pertemuan di Dumai terlebih dahulu.

"Dan sekarang mari kita sama-sama doakan pembangunan RoRo Dumai-Malaka ini pengerjaannya bisa lancar dan dapat secepatnya selesai," tutupnya. (Adv)




comments powered by Disqus

 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved