Gubri Lantik 15 Dewan Perpustakaan Provinsi Riau
Senin, 26/08/2019 - 18:12:10 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

PEKANBARU - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau, melaksanakan kegiatan pelantikan Dewan Perpustakaan yang baru. Sebanyak 15 orang Dewan Perpustakaan tersebut langsung dilantik oleh Gubernur Riau Syamsuar, Senin (26/8/2019) sore di Kantor Gubernur Pekanbaru.

"15 Dewan Perpustakaan baru yang dilantik di antaranya Asrizal, Nelfiyonna, Ade Hartati Rahmat, Muhammad Tawwaf, Endang Muniarti. Kemudian Agus Salim Tanjung, Junaidi, Suriani, Chaidir, Kunni Masrohanti, Stefan Luther, Abdul Khair, Fadhillah dan Zulmansyah Sekedang,"

Gubernur Riau Syamsuar dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada Dewan Perpustakaan yang baru dilantik masa bakti 2019-2021. Dewan Perpustakaan ini sangat penting dengan tujuan untuk memperkuat dan menggiatkan literasi bagi masyarakat di kabupaten/kota yang ada di provinsi Riau.

Sambung Gubri, pentingnya Perpustakaan dibangun dan dikembangkan di Indonesia, sudah tertuang dalam UU No 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan dan diperkuat serta diatur juga oleh UU No 23 Tahun 2014 tentang Pemeritah Daerah. Serta Peraturan Pemerintah No 18 Tahun 2016, dimana Perpustakaan adalah urusan wajib non pelayanan dasar.

"Jangan dipandang non pelayanan dasar ini tidak penting. Karena menurut saya non pelayanan dasar ini sangat penting. Sebab orang pintar juga tidak lepas dari Perpustakaan, dan jarang orang pintar tanpa buku justru orang pintar banyak yang kutu buku," ungkap Gubri.

"Sekarang yang jadi problem kita adalah bagaimana kita bisa menumbuhkan semangat bacanya masyarakat. Cina saja baru 20 tahun masyarakatnya sudah minat membaca dan kita dari awal merdeka sampai sekarang sudah 73 tahun minat baca masyarakat belum juga ada," sebut Syam.

Dan untuk Dewan Perpustakaan yang baru ini merupakan tugas besar. Dan ia meminta supaya kedepannya bisa mengajak dan menumbuhkan minat baca bagi masyaraka.

"Karena dengan membaca bisa membentuk masyarakat yang berpengetahuan luas serta mempunyai daya saing yang hebat, tidak hanya dalam daerah, bahkan bisa berdaya saing di tingkat Nasional," tutupnya.


Adv









comments powered by Disqus

 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved