Advertorial Pemprov Riau
Riau Expo Tingkatkan Investasi dan Pertumbuhan Ekonomi
Sabtu, 28/11/2015 - 14:19:24 WIB
<br><br><br><br><br><br><br>







PAMERAN tak asing lagi bagi seluruh  kalangan masyarakat. Bahkan di kota-kota besar, kegiatan pameran, eksibisi, atau expo selalu diselenggaran setiap tahunnya. Termasuk bagi Provinsi Riau, untuk tahun ini, Pemprov Riau kembali mengadakan pameran Riau Expo 2015.

Untuk tahun ini tidak seperti biasanya, Riau expo yang biasa diselenggarakan di Purna MTQ Pekanbaru setiap tahunnya, Pemprov Riau memilih diselenggarakan di dalam ruang yang lebih nyaman dan aman. Yakni di gedung SKA CO EX Pekanbaru. Kondisi ini dikarenakan asap yang masih menyelimuti wilahah Riau.

"Untuk tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, asap yang masih menyelimuti wilayah membuat kita memilih tempat yang lebih aman. Ruangan di tempat ini lebih bagua terhindar dari asap. Kita memberikan rasa nyaman bagi masyarakat, dan juga menjaga kesehatan selama berlangsungnya pameran ini," ujar Plt Gubri, saat membuka Pameran Riau Expo, Senin (26/10/2015) malam.

Dijelaskan Plt Gubri, sampai saat ini, pameran merupakan salah satu bentuk strategi pemasaran yang cukup efektif untuk menjaring banyak konsumen. Pameran ada yang bersifat tematik, artinya hanya untuk satu jenis atau beberapa jenis usaha yang terkait secara langsung. Namun ada pula yang campuran dari berbagai macam jenis usaha.

Bagi Pemprov sendiri pameran juga sangat bermanfaat bagi UMKM sebagai unit bisnis masyarakat menengah. Tentunya bagi usaha UMKM tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk mengikuti berbagai pameran. UMKM bisa difasilitasi oleh pihak ketiga, sebut saja seperti lembaga perbankan, pemerintah melalui dinas terkait, atau beberapa perusahaan besar melalui program CSR (Corporate Social Resposibility) yang mereka miliki.

"Bagi usaha pemula, pameran merupakan sarana pemasaran yang tepat untuk memperkenalkan produk serta mempromosikannya. Tidak hanya tentang produknya saja, profil usaha juga penting untuk diedukasikan kepada masyarakat, dalam hal ini adalah pengunjung. Citra pengusaha yang baik juga menentukan ketertarikan dan juga loyalitas konsumen pada sebuah produk," jelas Plt Gubri.


Bagi para Pengunjung yang berada dalam pameran tidak hanya pengunjung yang hanya sekedar iseng datang melihat-lihat pameran saja. Tak sedikit dari mereka sengaja datang ke pameran-pameran untuk mencari rekan bisnis untuk bekerja sama.

Melalui Riau Expo ini, bisa jadi adalah investor, pemilik perwakilan dari usaha lain yang terkait, supplier, distributor atau orang pemerintahan.Tidak menutup kemungkinan di dalam pameran juga akan terjadi deal tertentu bahkan transaksi ditempat dengan mereka. Jangan sia-siakan juga pengunjung jenis ini.

"Melalui Riau Expo ini bisa saja terjadi peluang kerjasama bisnis diantara pelaku usaha, inilah yang kita inginkan terutama bagi produk-produk Riau. Atau bisa nanti ada yang akan menanamkan investasinya di Riau," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Promosi Badan Penanam Modal dan Promosi Daerah Provinsi Riau, Ismaili  Fauzi mengatakan, acara ini bertujuan meningkatkan apresiasi dan minat berbagai pihak terutama dunia usaha, untuk melakukan aktivitas bisnis dan investasi di Provinsi Riau.

"Disamping itu ini juga sebagai forum untuk mengkomunikasikan berbagai program dan keberhasilan yang telah dicapai, dalam pembangunan daerah kepada masyarakat Riau secara umum. Serta menjadikan Provinsi Riau sebagai salah satu pusat ekonomi dan budaya di kawasan Asia Tenggara, serta program kemitraan yang berkesinambungan," jelas Ismaili Fauzi.

Peserta yang ikut lebih kurang 159 stand, terdiri dari semua Satuan Kerja Perangkat Daerah Provinsi Riau, Pemerintah Kabupaten dan Kota se Riau, perusahaan yang berdomisili di Riau, Perbankan, Rumah Sakit, Badan Usaha Milik Negara dan Badan Usaha Milik Daerah dan TNI - Polri. Acara ini berlangsung selama satu pekan ke depan mulai 26 Oktober 2015 hingga 1 November 2015 mendatang, pukul 10.00  WIB - 22.00 WIB setiap harinya.

Promosi Wisata dan Sesuai Visi Riau 2020
Pekanbaru-Pamaran Riau Expo, tidak hanya memberikan manfaat bagi pelaku usaha, mulai dari usaha kecil sampai usaha besar. Namun Riau expo juga merupakan iven promosi pariwisata Riau sesuai dengan visi Riau 2020.

"Saat ini, Riau sedang mengalami gangguan penurunan sehingga ini merupakan momen yang tepat, untuk mengangkat potensi Riau. Kondisi kabut asap, tidak menyurutkan niat pemerintah untuk menggelar kegiatan ini, karena memang selalu ramai peminat," ujar Plt Gubri.

Plt Gubri mengingatkan pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ini, Pemerintah Provinsi Riau ke 58 dimana mengambil tema untuk menjadikan Riau sebagai The Homeland of Melayu. Sejarah penting bagi masyarakat Riau sebagai cerminan sejauh mana  jati diri anak negri dalam membangun Provinsi Riau.

Plt Gubri didampingi Forkopinda hadir sekaligus membuka Riau Expo 2015 di SKA CO EX.

"Berkaca pada sejarah masa lalu serta berbagai potensi yang dimiliki Provinsi ?Riau, saya yakin Riau akan menjadi lokomotif perekonomian untuk wilayah Indonesia bagian barat," terangnya.

Dengan semangat itu bisa dijadikan momentum untuk memupuk semangat kebersamaan persatuan dan kesatuan walau agaknya telah banyak kemajuan dan prestasi yang diraih. Riau memperkenalkan moto yang akan menjadi roh Riau dalam membangun negri melayu yakni Riau The Homeland of Melayu.

"Melalui tagline itu, sekaligus mulai fokus pada perwujudan visi Riau 2020 sebagai pusat perekonomian dan pusat kebudayaan melayu di Asia," terangnya.

Tagline The Homeland of Melayu itu jelas Plt Gubri, dengan semangat hari jadi provinsi Riau 2015 agar dapat membangun pariwisata berbasis budaya dalam mewujudkan visi Riau 2020.

"Kita lebih membuat komitmen untuk menyatakan bahwa Provinsi  Riau adalah tumpah darah melayu, jadi visi yang ada disenirgikan dengan tema ini supaya kita bisa segera mencapai visi 2020 khususnya kebudayaan," tandasnya.

Dengan adanya Riau Expo dan diikuti oleh seluruh Kabupaten Kota tentunya menampilkan wisata dari seluruh Kabupaten Kota, yang bisa menarik wisatawan ke masing-masing daerah. Contohnya, Kuansing dengan Pacu jalurnya, Kabupaten Pelalawan dengan Bono nya, Kampar dengan memperkenalkan Candi Muata Takus dan wisat lainnya. Siak dengan budaya Melayu dan Istana Siak peninggalan sejarah. Dan banyak lagi objek wisat dari 12 kabupaten kota yang bisa dikenalkan di Riau Expo. (Adv)







comments powered by Disqus

 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved