Tahun Ini Pasar Ramadan di Rohil Dipusatkan di Pujasera
Jumat, 19/04/2019 - 21:55:58 WIB
Bupati Rohil, H Suyatno AMp
Bupati Rohil, H Suyatno AMp

BAGANSIAPIAPI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) telah mematangkan berbagai persiapan menjelang bulan Ramadhan. Mulai dari penempatan Pasar Ramadan hingga kenduri kampung pertanda masuknya bulan Suci Ramadan.

"Kita telah melakukan rapat bersama pihak terkait, salah satu hasilnya untuk Pasar Ramadan yang biasanya dipusatkan di Jalan Mawar, tahun ini dialihkan di Pusat Jajanan Serba Ada (Pujasera) yang terletak di Jalan Pulau Baru, Bagansiapiapi," kata Bupati Rohil, H Suyatno AMp, Minggu (14/4/2019) di Bagansiapiapi.

Selain menetapkan lokasi Pasar Ramadan, juga akan diadakan kenduri di kampung dengan memotong dua (2) ekor kerbau. "Kita akan undang anak yatim dan kaum duafa di kenduri kampung yang dilaksanakan oleh Dewan Masjid Indonesia (DMI) Rohil tersebut," ucapnya.

Dipilihnya Pujasera sebagai lokasi pasar Ramadhan Sebut Suyatno karena tempatnya dinilai lebih bagus dan tidak menganggu arus lalu lintas. "Biasanya kalau pasar Ramadan di Jalan Mawar sangat menganggu arus lalu lintas, karena sebagian jalan ditutup dan dipakai oleh para pedagang untuk menjajakan dagangannya selama bulan Suci Ramadan," ucapnya.

Selain itu, selama bulan Ramadan rumah makan dan warung kopi tetap buka seperti biasanya. Akan tetapi nanti ada pengumuman yang ditempelkan di pintu masuk rumah makan dan Warkop tersebut. "Kita sepakat rumah makan dan Warkop tetap buka, karena di Rohil ini masyarakatnya hidup saling berdampingan berbagai suku dan agama. Apalagi di bulan puasa itu juga bersamaan dengan perayaan iven Ritual Bakar Tongkang," kata Suyatno.

Ia juga meminta kepada penegak hukum agar selama bulan Suci Ramadan tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan masyarakat. "Biasanya di bulan Ramadan itu ada namanya Asmara Subuh dan kebut-kebutan usai sholat subuh. Nah, hal semacam ini tentunya menjadi perhatian dan diantisipasi dari sejak dini dengan melakukan kerjasama dengan pihak kepolisian, Kodim 0321/Rohil dan Kejari Rohil," pungkasnya sembari berharap Rohil tetap kondusif selama bulan Ramadan




comments powered by Disqus

 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved