Destinasi Wisata Riau Kembali Masuk Kategori Augerah Pesona Indonesia
Selasa, 09/10/2018 - 11:19:09 WIB

PEKANBARU - Anugerah Pesona Indonesia (API) merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap Pariwisata Indonesia. Ajang pariwisata terpopuler Indonesia ini didukung penuh oleh pihak Kementrian Pariwisata.

Kegiatannya dilakukan dalam bentuk pemberian penghargaan kepada objek dan Tujuan Wisata Terpopuler di Indonesia.

API tahun 2018 ini, Provinsi Riau dinominasikan 7 kategori, yaitu Perahu Baganduang (atraksi budaya terpopuler), Teluk Jering (wisata baru terpopuler), Tanjak (Cindera mata terpopuler).

Selanjutnya, Air mata pengantin (minunan tradisional terpopuler), Perang Air (Festival pariwisata terpopuler), Air terjun Batang Kapas (surga tersembunyi terpopuler) dan Gema Muharram (wisata halal terpopuler).

Menyikapi hal ini, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Fahmizal menghimbau kepada seluruh masyarakat Provinsi Riau, khusunya Aparatur Sipil Negara (ASN) dan tenaga honorer dilingkungan Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Riau agar wajib mendukung kegiatan ini.

Hal ini Ia sampaikan ketika apel pagi, dihalaman kantor Dispar Riau di Pekanbaru, pada Senin (8/10). "Sebagai insan pariwisata, kita wajib mendukung kegiatan ini guna mendorong pariwisata di provinsi Riau," kata Kadispar Riau yang kerab disapa Fahmi itu

"Ayo seluruh pegawai Dispar Riau,  keluarkan hand phone, ketik SMS yang saya bacakan. Setiap kepala seksinya mengawasi masing-masing bawahanya," kata fahmi di hadapan 170 orang pegawai Dispar Riau.

Pada kesempatan itu Kadispar Riau membacakan 7 nominasi vote, dengan cara menggunakan pesan singkat (SMS) berbayar ke 99386, Air mata pengantin, ketik API (sepasi) 2B, Teluk Jering, ketik API (sepasi) 17 I, Tanjak, ketik API (sepasi) 7G.

Kemudian, Perang air, ketik API (sepasi) 12 F, Air Tejun Batang Kapas, ketik API (sepasi) 18 A, Gema Muharram, ketik API (sepasi) 11 C, dan Perahu Baganduang, ketik API (sepasi) 8D.

Selain voting melalui SMS, masyarakat juga bisa mendukung (vote) wisata favoritnya melalui aplikasi API yang bisa diunduh gratis di Google Playstore. Pemungutan suara API 2018, telah dibuka sejak 1 Juni lalu dan akan ditutup pada tanggal 31 Oktober 2018. Pengumuman juara Anugerah Pesona Indonesia 2018 akan dilakukan pada November 2018.

Deputi Pemasaran Pariwisata I Kementerian Pariwisata, I Gede Pitana, mengatakan kompetisi penghargaan ini bagus untuk memperkenalkan berbagai daerah yang belum terkenal. Juga menumbuhkan kembali kecintaan pada pariwisata daerahnya.

"Prosesnya banyak melibatkan stakeholder. Dari pemerintah pusat, pemda, ahli pariwisata, jurnalis senior, dan masyarakat. Dalam pemberian anugerah ini berjalan juga proses penta helix," urainya.

Dari sistem tersebut, menurutnya, kita juga bisa tahu bagaimana masyarakat peduli terhadap pariwisata daerah dengan cara mendukung daerah untuk jadi pemenang.(mcr)





comments powered by Disqus

 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved