Ayat Ajak Masyarakat Wujudkan Sungai Pekanbaru seperti di Jepang
Rabu, 03/10/2018 - 15:52:06 WIB

PEKANBARU - Pemerintah Kota Pekanbaru memperingati Hari Habitat Dunia (HHD) dan Hari Kota Dunia (HKD), Rabu (3/10/2018) di Taman Tuan Kadi tepian Sungai Siak, Pekanbaru.

Peringatan HHD dan HDK dihadiri oleh Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Riau dan Kota Pekanbaru, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan, Kepala Dinas Budaya  dan Pariwisata Pekanbaru, Kepala Satker PJSA BWSS III, serta Komunitas Persampahan dan komunitas Peduli sungai.

Dalam sambutannya sekaligus peresmian pembukaan kegiatan Gerakan Indonesia Bersih Ayat Cahyadi mengajak seluruh warga mewujudkan sungai yang bersih dari sampah.

Ayat mencontohkan bagaimana bersih dan indahnya sungai-sungai di negara maju seperti Jepang. Di Jepang selain sungainya bening juga banyak terdapat ikat.

"Lita harus mimpi dari sekarang karena siapa yang tidak pernah bermimpi dia tidak akan pernah mendapatkan hasil, jadi bermimpilah dari sekarang," kata Ayat Cahyadi.

Ia mengatakan tentu tidak cukup hanya dengan bermimpi, untuk mewujudkan sungai yang bersih maka dibutuhkan kesadaran semua lapisan masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai.

Ayat mengatakan, saat ini sampah terbanyak berasal dari limbah rumah tangga. "Untuk itu marilah mulai mengolah sampah dari sumbernya dengan cara memisahkan sampah-sampah organik dan non organik agar sampah yang bisa didaur ulang dapat olah kembali," tutupnya.

Acara ini ditutup dengan penyerahan secara simbolis tempat sampah oleh kepala BWSS III kepada Lurah Kampung Bandar. (clc)





comments powered by Disqus

 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved