Pemko Pekanbaru Persiapkan Pemindahan Pedagang Teratai ke Pasar Higienis
Senin, 02/07/2018 - 15:29:34 WIB

PEKANBARU - Renovasi pasar higienis bekas SD Negeri 019 di Jalan Teratai sudah selesai. Saat ini, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kota Pekanbaru sedang menyiapkan pemindahan pedagang dari badan Jalan Teratai ke gedung pasar.

Kepala Disperindag Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut mengatakan, untuk relokasi pedagang, harus ada beberapa tahapan yang melibatkan instansi terkait. Sebab, proses itu bukan hanya masalah pemindahan para pedagang.

"Saat ini kita sedang koordinasikan dengan pihak- pihak terkait. Karena selain masalah penempatan pedagang kita juga sedang mengkaji untuk pengelolaannya nanti seperti apa," kata Ingot di Pekanbaru, Senin (2/7/2018).

Ditanya apakah pasar itu akan dikelola Pemko atau diserahkan ke pihak ketiga, Ia belum bisa memastikan. "Ini yang sedang kita kaji lebih dalam. Apakah Pemko yang mengelola sendiri atau bermitra dengan pihak ketiga sesuai ketentuan yg berlaku," kata Ingot.

Sebelumnya, kondisi pasar yang dibangun di bekas sekolah itu saat ini cukup memprihatinkan. Beberapa fasilitas di pasar yang menghabiskan Rp2,7 miliar itu hilang.

Keberadaan pasar itu diharapkan menjadi solusi ratusan pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di sekitar Jalan Teratai, karena keberadaan mereka kerap menimbulkan kemacetan serta tidak terorganisir.

Namun, saat awal pembangunan pasar, relokasi pedagang ke gedung Pasar Higienis sempat mendapat penolakan. Meski akhirnya sempat membuahkan hasil, PKL hanya bertahan beberapa bulan di Pasar Higienis dan kembali ke pinggiran jalan.

Setahun lebih pasar tersebut dibiarkan kosong. Fasilitas mulai rusak dan hilang, seperti mesin air, pintu (rolling door), tangki air, kabel listrik dan saklar lampu banyak yang hilang dan rusak. Kondisi pasar ini pun berantakan. Sampah tampak berserakan, halaman pasar tersebut juga tampak semak oleh rumput.

Pemko Pekanbaru kembali menganggarkan biaya sebesar Rp1,2 miliar, yang diketahui berasal dari Dana Alokasi Khusus untuk kembali merenovasi pasar tersebut. Meski belum diketahui tingkat keberhasilan dalam mengatasi pedagang yang kini berjualan di pinggir jalan.(hrc)





comments powered by Disqus

 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved