Selama Ramadan, Chevron di Riau Terapkan 6 Program Keselamatan dalam Bekerja
Jumat, 01/06/2018 - 09:17:05 WIB

PEKANBARU - PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) merupakan salah satu perusahaan minyak dan gas yang terbesar di Indonesia dan beroperasi Provinsi Riau. Di bulan Ramadan, Chevron menerapkan Program Keselamatan Ramadan 1439 Hijriah.

Ada enam Program Keselamatan Ramadan yang dijalankan Chevron, sebagaimana disampaikan HES Specialist PT Chevron Pacific Indonesia, Muhammad Abdilah disela-sela buka puasa bersama sejumlah wartawan di Hotel The Premiere Pekanbaru, Kamis (31/5/2018).

"Hal pertama yang dilakukan, menekankan pesan keselamatan dari manajemen PT CPI kepada para pekerja untuk tenang dan fokus. Hal ini penting dilakukan, karena fokus penting saat berpuasa dan tenang dalam menghadapi beragam situasi," kata Abdilah.

Dikatakan Abdilah, yang kedua menjalankan Stop Work Authority. Bagimana memberhentikan sebuah pekerjaan apabila tidak selamat dalam menjalankannya.

"Yang ketiga, keselamatan dalam berkendaraan. Bagaimana kita menekankan kepada pekerja selama bulan puasa ini untuk tetap fokus dalam mengendarai kendaraan jenis apapun," ujar Abdilah.

Keempat, masih dikatakan Abdilah, yaitu fokus pada pengelolaan kelelahan. Karena selama bulan puasa bagaimana pekerja dapat mengkelola kelelahannya saat menjalankan ibadah puasa.

"Kelima, safe your life action. Start work change. memastikan aspek-aspek keselamatan sudah terpenuhi. Bisa lebih efektif lagi dalam keselamatan sebelum memulai pekerjaan," kata Abdilah lagi.

Yang keenam ditegaskan Abdilah, yaitu Buddy Sistem. Hal ini dilakukan untuk mengingatkan pekerjaan bagi orang yang berkendaraan. Sehingga dalam satu kendaraan harus ada dua orang yang berteman.

"Teman disebelahnya memastikan temannya berkendaraan dengan selamat. Sehingga teman yang berkendaraan fokus dalam menjalankan pekerjaannya," jelas Abdilah.

Dalam acara buka puasa bersama ini dihadiri manajemen PT CPI lainnya, seperti Okta Heri Fandi, Rinta dan Tiva Permata. Acara yang dikemas sederhana ini untuk menjalin silahturahmi sejumlah wartawan dan manajemen PT CPI.(grc)





comments powered by Disqus

 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved