Jaga Kualitas Udara, DLHK Pekanbaru Fasilitasi Uji Emisi Gratis
Kamis, 08/03/2018 - 15:36:19 WIB

PEKANBARU - Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru berikan fasilitas uji emisi gas buang kendaraan bermotor di Jalan Cut Nyak Dien, Kamis (8/3/2018). Kegiatan ini untuk menjaga kualitas udara di Pekanbaru.

DLHK Kota Pekanbaru tidak sendiri, tapi juga melibatkan pihak Kepolisian, Dinas Perhubungan dan bekerjasama dengan pihak Agung Toyota Automal yang bertugas untuk memeriksa kendaraan.

"Kita menghirup udara yang sama disekitar kita. Asap kendaraan dari sisa pembakatan yang tidak sempurna dapat mencemari udara," kata Kepala DLHK Pekanbaru Zulfikri.

Uji emisi dimaksudkan, kata Zulfikri untuk mengetahui kadar zat pencemar pada gas buang kendaraan. Hal ini berguna untuk mengetahui ambang batas yang masih diperbolehkan.

"Jika di atas ambang batas, akan kita perbaiki untuk menekan penecamaran udara," jelasnya.

Kata dia, bahaya dalam emisi buang adalah berdampak langsung pada tubuh manusia. Seperti bahaya Pb timbal yang dapat mengurangi kecerdasan IQ dan mental anak, HX dan NOx menyebabkan iritasi mata.

Selain itu, juga menigkatkan tekanan darah tinggi, mengakibatkan tenggorakan gatal, gangguan fungsi ginjal, paru - para dan jantung. "Jadi pemilik kendaraan juga harus rutin memiriksakan kendaraannya. Kalau hari ini kesini ya, gratis," kata dia.

Ia juga memberi tips agar transportasi ramah lingkungan yang dapat diterapkan oleh pemilik kendaraan bermotor. Kata dia, jangan memanaskan mobil terlalu lama, matikan mesin kendaraan jika berhenti lebih dari 30 detik, jangan melebihi beban muat kendaraan, jangan pakai kendaraan kalau jarak dekat dan rawat kendaraan secara teratur.

Pihak DLHK juga mengecek dan menghimbau kepada kendaraan roda 4 agar menjaga kebersihan di dalam mobilnya. Kegiatan ini juga dilakukan secara gratis. Sehingga bagi masyarakat yang ingin mengecek kendaraannya bisa datang ke lokasi.(hrc)





comments powered by Disqus

 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved