2017, Sebanyak 316 ASN Pemko Pekanbaru Pensiun
Senin, 11/09/2017 - 13:51:09 WIB

PEKANBARU - Kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru sudah semakin mendesak. Tidak adanya proses rekrutmen membuat jumlah pegawai Pemko Pekanbaru semakin berkurang. Pasalnya setiap tahunnya ada ratusan ASN yang pensiun.

Terhitung dari 1 Juli hingga 1 Juni 2018 mendatang akan ada sebanyak 316 ASN yang pensiun. Maka dari itu jika di jumlahkan total ASN di lingkup Pemko saat ini hanya berkisar sebanyak Enam ribuan orang saja.

"Ya rata-rata yang pensiun jumlahnya 300 an setiap tahunnya. Sejak 2014 kan ga ada lagi rekrutmen untuk Pemko Pekanbaru,"jelas Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BK-SDM) M Jamil, Senin (11/9).

Seharusnya, jika melihat standar jumlah ASN yang ada di sebuah Kota sebesar Pekanbaru idealnya ada sekitar 9 ribu ASN. Namun jumlah tersebut agaknya sulit dipenuhi. Terlebih dalam kondisi perekonomian Pemko seperti saat ini.

"Kemaren kami ajukan penambahan ke Menpan-RB. Tapi kayaknya belum pasti. Karena kami masih harus melengkapi beberapa berkas. Seperti perincian kebutuhan ASN,"paparnya.

Adapun untuk kebutuhan, dilanjutkan Jamil, saat ini sangat diperlukan tenaga medis. Karena diperkirakan jika Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pekanbaru tipe C selesai maka untuk operasional nya membutuhkan banyak pegawai. Selain itu pihaknya juga membutuhkan banyak tenaga untuk guru. Sedangkan untuk Satpol PP sendiri kemungkinan pihaknya akan mengadakan penambahan lewat rekrutmen Tenaga Harian Lepas (THL).

"Kan belum ada yang pasti. Bisa saja nanti. Kan melihat kondisi keuangan Pemko juga,"tambahnya. Ia berharap permintaan tenaga tambahan yang telah di ajukan Pemko ke Kemenpan RB dapat di wujudkan. Sehingga krisis tenaga yang dialami oleh Pemko Pekanbaru dapat teratasi dengan baik. (rtc)





comments powered by Disqus

 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved