Jelang Lebaran
Ketersediaan Sembako Pekanbaru Aman
Senin, 19/06/2017 - 00:19:03 WIB
ilustrasi
ilustrasi

Pekanbaru -  Menjelang Lebaran Idul Fitri 1438 H, ketersediaan bahan pokok dalam kondisi aman. Bahkan tidak terdapat gejolak kenaikan harga komoditi.

Hal tersebut dikatakan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. "Persiapan Lebaran semua stok aman, harga stabil bahkan cendung turun untuk beberapa komoditi," kata Eggartiasto Lukita disela gelar pasar murah Ramadhan Kementerian Perdagangan bersama RGE Group balai pelatihan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan, Riau, Minggu.

Mendag mengatakan sehari sebelum ke Riau, dirinya bersama Kementerian Pertanian dan Gubernur DKI Jakarta telah meninjau pasar induk untuk memastikan ketersediaan pasokan bahan baku. "Kalau seandinginya di Jakarta Pasar Induknya aman, maka daerah juga aman," ucapnya.

Ia mengatakan, pihaknya sejak 15 Juni juga sudah melakukan upaya pencegahan dengan menempatkan seluruh staf Kementerian Perdagangan untuk bersiaga di setiap pasar di 70 kabupaten/kota yang kerap mengalami fluktuasi harga. Keberadaan mereka berkoordinasi dengan dinas perdagangan setempat dan kepolisian dalam Satgas Pangan.

"Tugasnya bukan hanya memantau harga dan pantau stok, tapi juga untuk atasi kalau ada upaya spekulasi," tegasnya.

Sementara itu, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengatakan hingga kini ketersediaan bahan pangan dalam kondisi terpenuhi. Harga komoditi relatif stabil, meski ada juga yang mengalami sedikit peningkatan.

"Cuma harga minyak makan (goreng) yang naik," katanya.

Ia mengatakan setiap kenaikan harga bahan pangan akan segera dilaporkan Pemprov Riau ke Kementerian Perdagangan untuk segera dicari solusinya.

"Kalau bisa segera dinas perdagangan provinsi dan kota bekerja sama untuk operasi pasar," katanya. Sumber:antarariau.(kt10)





comments powered by Disqus

 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved