Curiga Ada yang Mengayomi, Wawako Pekanbaru Minta Gepeng Musiman Diberantas
Selasa, 30/05/2017 - 09:27:55 WIB

PEKANBARU - Sudah jadi musiman setiap Ramadan, para Gelandangan dan Pengemis (Gepeng) berkeliaran ramai di Kota Pekanbaru. Ini tak luput dari seringnya warga memberikan uang kepada mereka saat mengemis di jalanan.

Menanggapi itu, Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi, meminta Kepada Dinas Sosial dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kota Pekanbaru untuk memberantas keberadaan para gepeng ini.

Ayat menyebut keberadaan gepeng merupakan risiko bagi Kota besar yang ada di Indonesia, selain ibu kota Jakarta. Bahkan, ia menyakini  keberadaan gepeng yang ada di Pekanbaru memiliki bos yang mengayomi dan mereka diwajibkan menyetorkan uang.

"Gepeng ini sudah menjadi mata rantai, oleh sebab itu tangkap bos yang menjadi penyuplai gepeng musiman selama bulan Ramadan ini,” kata Ayat, Senin (29/5/17).

Banyaknya gepeng yang ada di Pekanbaru disebutkan Ayat karena masyarakat Pekanbaru penyayang dan suka memberi. Untuk sebab itu, Ayat menyarankan masyarakat lebih tepat dalam memberikan sumbangan saat Ramadan.

"Kita mengajak masyarakat pekaunbaru untuk menyalurkan bantuan ataupun sumbangan ke tempat-tempat yang sudah ada seperti lembaga zakat, masjid dan anak yatim," imbuhnya.

Ayat menyebut, meski Satpol-PP dan tim yustisi kerap melakukan razia, namun kenyataan dilapangan gepeng tersebut selalu saja tetap beroperasi. Untuk itu, Wawako meminta tim yustisi untuk benar-benar focus melakukan penyelidikan keberadaan gepeng di Kota Pekanbaru selama ramadan.

"Saya minta kepada satker yang terkait untuk terus melakukan koordinasi bersama dengan pihak Polresta untuk menertibkan keberadaan gepeng ini. Jangan sampai keberadaan gepeng ini terus menjadi momok bagi masyarakat Pekanbaru dan meresahkan," tukasnya.(src)





comments powered by Disqus

 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved