Chevron Gelar Diskusi Sukseskan Program Bank Sampah
Jumat, 23/09/2016 - 20:21:29 WIB

PEKANBARU - PT Chevron Pacific Indonesia (Chevron) menggelar diskusi bersama para pemangku kepentingan dalam upaya meningkatkan kualitas Program Bank Sampah di Kelurahan Pematang Pudu, Mandau. Kegiatan  dilaksanakan di Pondok Oleh-Oleh Duri, Kamis, (22/9).

Selain perwakilan masyarakat, kegiatan dihadiri para nasabah bank sampah, perwakilan Asosiasi Pengusaha Daur Ulang Plastik Indonesia (APDUPI), Kelompok Pematang Pudu Bersih, perwakilan media lokal serta para mitra kerja Chevron. Di antaranya Yayasan Sahabat Cipta dan Yayasan Kumala.

Diskusi  bertujuan untuk mendapatkan masukan dan dukungan masyarakat guna pengembangan Program Bank Sampah. Beberapa masukan yang diberikan antara lain perlunya menyempurnakan rencana usaha, membuat target bulanan sampah yang akan dikelola atau dijual, memilah jenis sampah tertentu untuk menaikkan nilai jual. Kemudian memperkuat jaringan pemasaran serta membuka jaringan pemasaran ke pemasok lain.

Abdul Azis, yang hadir mewakili Lurah Pematang Pudu, menyambut positif dan mendukung program ini. "Kami berharap Program Bank Sampah semakin berkembang. Tidak hanya ada di tiga Rukun Warga (RW), yaitu RW 2, 15 dan 16, tetapi juga ke seluruh 17 RW di Kelurahan Pematang Pudu," ujar Abdul.

Dia pun menyatakan pihak kelurahan siap menjadi mediator ke masyarakat untuk kegiatan sosialisasi tentang nilai ekonomis dari pengelolaan sampah.

Mewakili manajemen Chevron, di tempat terpisah Manager Komunikasi, Prasasti Asandhimitra memberikan apresiasi kepada para pihak atas kontribusi dan saran konstruktif  yang diberikan dalam diskusi bersama.

Prasasti berharap partisipatif masyarakat terus berlanjut untuk menyukseskan tujuan program ini, yaitu mewujudkan lingkungan sehat dan mandiri. Program yang bergulir sejak tahun 2015 ini, lanjut Prasati, mengadakan berbagai kegiatan yang melibatkan partisipasi masyarakat dengan konsep menjaga kebersihan lingkungan. Di antaranya kegiatan sosialisasi dan jalan santai sembari memungut sampah di jalan.

Program Bank Sampah merupakan salah satu program investasi sosial Chevron di bidang lingkungan sekaligus pemberdayaan ekonomi. Program bertujuan menciptakan lingkungan sehat dan bersih sekaligus menambah pendapatan masyarakat melalui hasil penjualan limbah rumah tangga yang dijual kepada bank sampah.

Saat ini, Program Bank Sampah memiliki sekitar 105 nasabah yang terdiri dari ibu-ibu rumah tangga, pelajar maupun karyawan.(rls)

 





comments powered by Disqus

 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved