Awal Tahun, 36 Warga Pekanbaru Sudah Terkena DBD
Rabu, 13/01/2016 - 11:49:45 WIB
<br>

PEKANBARU - Wabah Demam Berdarah Denque (DBD) semakin menghawatirkan. Dari data yang dimiliki Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, sudah ada 36 warga Pekanbaru yang terserang DBD, dan Kecamatan Tampan disebut sebagai daerah paling endemis DBD.

Demikian disampaikan Kadiskes Kota Pekanbaru Helda S Munir kepada Wartawan. Ia mengatakan pihaknya terus melakukan upaya pencegahan DBD.

"Hingga hari senin kemarin sudah ada 36 kasus DBD yang kita terima dari berbagai rumah sakit di Kota Pekanbaru. Untuk tingkat permintaan melakukan fogging juga sangat tinggi," jelas Helda S Munir saat ditemui di DPRD Kota Pekanbaru.

Selian itu, pihaknya juga sudah turun ke lapangan melalui tim promotif preventif diantaranya dengan menyurati setiap puskesmas agar melakukan tindakan pencegahan dini.

Diantaranya, adalah dengan menginformasikan kader-kader Jemantik untuk bersama-sama melakukan tindakan pencegahan.

"Kita memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang upaya-upaya pemutusan mata rantai DBD ini, khususnya menggalakkan lagi hidup bersih dan sehat serta gotong royong semakin maksimal dilakukan," terangnya.

Bahkan, menurut Helda lagi, dalam satu hari pihaknya menurunkan dua tim yang masing-masing tim terdiri dari 12 orang untuk melakukan pengecekan di 12 kecamatan yang terpapar DBD yang cukup tinggi.

Meski hingga saat ini tidak ada korban jiwa yang disebabkan oleh DBD, pihak Diskes terus mengingatkan masyarakat untuk terus mengedepankan pola hidup sehat dan bersih.

"Kepada masyarakat termasuk perangkat RT/RW kita terus kita ingatkan dan terus kita sosialisasikan untuk sama-sama menjada ligkungan yang bersih, karena ini sudah menjadi tugas pokok kami. Selain itu masyarakat juga kita minta turut melakukan langkah pencegahan dengan melaksanakan 3 M yakni menguras, membersihkan dan menimbun," tandasnya. (kt13)




comments powered by Disqus

 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved