Ini Penyebab Pelebaran Jalan Soebrantas Terkendala
Rabu, 06/01/2016 - 20:17:58 WIB
<br>

PEKANBARU - Pelebaran jalan Soebrantas di kecamatan Tampan sampai kini belum terealisasi. Pelebaran itu belum terealisasi lantaran terkendala oleh pembebasan lahan yang belum diselesaikan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru.

Demikian diakui Assisten I Sekretariat Daerah (Setda) kota Pekanbaru, M Noer, Rabu (6/1/2015). Menurutnya, banyak hal yang membuat Pemko Pekanbaru tidak dapat memproses dengan cepat pembebasan lahan.

"Kita kesulitan untuk menemui pemilik lahan di samping juga ada lahannya yang sedang bersengketa atau tidak dimiliki oleh satu orang saja. Awalnya kita memang sudah target selesai tahun lalu tapi ternyata tidak bisa," terang M Noer.

Menurut M Nur pihaknya sudah berusaha melakukan pendekatan namun masih belum membuahkan hasil. Namun demikian, tahun ini pemko kembali akan berupaya agar pembebasan lahan jalan Soebrantas dapat segera tuntas.

"Sekarang ini masih ada sekitar 10 persil lagi yang belum jelas pembebasannya," sebutnya.

Prinsipnya, tambah M Nur, agar tidak menghambat program pembangunan, seandainya pemilik lahan masih tetap tidak bersedia membebaskan lahannya, Pemko Pekanbaru akan mengambil langkah tegas dengan menitipkan dana
ganti rugi melalui pengadilan.

"Tahun ini dana ganti ruginya bakal kita titip ke pengadilan kalau tidak kunjung juga ada titik temu dengan pemilik lahan," sebutnya.

Pemko Pekanbaru juga berharap pemerintah provinsi untuk dapat segera merealisasikan pelebaran jalan Soebrantas di tahun ini. Hal ini dimaksudkan agar pemilik lahan yang tidak bersedia lahannya dibebaskan bisa tergerak dan bersedia diganti rugi.

"Kalau bisa pemerintah provinsi langsung saja segerakan pembangunan pelebaran jalan untuk lahan yang sudah dibebaskan Pemko. Supaya nampak mana yang sudah dan belum. Kalau sudah nampak jalan yang dilebarkan tentu pemilik lahan yang masih bertahan akan berpikir," paparnya. (kt13)




comments powered by Disqus

 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved