Antisipasi Lonjakan Penumpang, Kemenhub Pasang CCTV di Pelabuhan
Selasa, 29/12/2015 - 10:07:23 WIB
<br>

SELATPANJANG - Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat liburan hari besar keagamaan, Pelabuhan Tanjung Harapan dipantau langsung oleh Kemenhub RI. Pemantauan ini menggunakan closed-circuit television (CCTV) yang dipasang di tiga titik pelabuhan.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Selatpanjang, Ali Imran, Senin (28/12/2015) mengatakan, pemantauan oleh Kemenhub juga dilakukan terhadap 52 pelabuhan laut yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia untuk mengantisipasi adanya lonjakan penumpang jelang dan pasca libur perayaan hari Natal 2015 dan Tahun Baru 2016.

Menurut Ali, pihaknya memperkirakan adanya lonjakan penumpang yang cukup signifikan khususnya bagi yang menggunakan armada laut saat libur hari keagamaan.

Terkait dengan peningkatan kapasitas, Ali mengatakan, kapal-kapal yang akan melayani penumpang untuk melakukan penyeberangan bisa menaikkan kapasitas namun tidak boleh lebih dari 30 persen dan alat-alat keselamatan harus memenuhi untuk seluruh penumpang.

"Selain itu terkait dengan cuaca ekstrim harus terus diwaspadai, kami terus meningkatkan pengawasan terhadap keselamatan dan keamanan pelayaran berkoordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) serta Pos Siaga SAR," ujar Ali.

Selain itu, juga Ali mengatakan, pihaknya juga telah melakukan peningkatan pengawasan terhadap keselamatan dan keamanan para penumpang, melakukan cek fisik di atas kapal sebelum bertolak, dan menciptakan ketertiban pada pelaksanaan embarkasi dan debarkasi penumpang serta melarang pedagang asongan naik ke atas kapal.

"Pelabuhan di Kepulauan Meranti memang termasuk pelabuhan tersibuk di Riau dan juga tercatat sebagai pelabuhan terpadat urutan ke sembilan di Indonesia, karena Kabupaten ini merupakan wilayah transit, apalagi laut menjadi akses satu-satunya sebagai pintu keluar masuknya barang dan orang," ujarnya. (kt13)




comments powered by Disqus

 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved