Meranti Berpotensi Kembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Pasang Air Laut
Selasa, 22/12/2015 - 00:37:42 WIB
<br>

SELATPANJANG - Penjabat (Pj) Bupati Kepulauan Meranti, Edy Kusdarwanto mengatakan, Meranti memiliki potensi dalam pemanfaatan energi pasang surut air laut. Apalagi Kepulauan Meranti masih mengalami krisis listrik.

"Pemkab Kepulauan Meranti tertarik untuk mengembangkan sumber energi baru, yakni pembangkit listrik tenaga pasang air laut," kata Pj Bupati.

Ditambahkannya, potensi masih dalam pengkajian yang lebih mendalam agar bisa digunakan dengan maksimal. Terkait pendanaan untuk penelitian masih dilakukan secara pribadi, tidak menggunakan APBD dan belum dimasukkan dalam RAPBD. Saat ini, telah dilakukan pengkajian di beberapa titik lokasi dan yang melakukan kajian tersebut adalah anak saya sendiri yang kebetulan merupakan alumni ilmu kelautan di ITB," ujarnya.

Menurut Edy, posisi Meranti yang berbentuk kepulauan menciptakan teluk yang sempit sangat strategis untuk mengembangkan energi baru terbarukan itu sebagai salah satu upaya mengatasi krisis kelistrikan yang ada di daerah. Edy mengungkapkan, prinsip yang dikembangkan pada aplikasi teknologi pemanfaatan energi arus laut dengan memanfaatkan perbedaan tinggi rendah air laut saat pasang dan surut dan arus pasang surut terutama pada selat-selat yang kecil.

Ia menyebutkan, seharusnya Meranti meniru beberapa negara yang telah berhasil melakukan instalasi pembangkit energi listrik dengan memanfaatkan energi arus dan pasang surut, mulai dari prototype turbin pembangkit hingga mencapai turbin skala komersial, seperti yang telah dibangun di Australia, Korea Selatan dan Amerika Serikat.(amin)




comments powered by Disqus

 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved