Bea Cukai Meranti Musnahkan Barang Sitaan Sebulai Rp1 Milyar
Kamis, 17/12/2015 - 17:39:58 WIB
<br>

SELATPANJANG - Bea Cukai tipe pratama Selatpanjang kembali melakukan pemusnahan barang ilegal yang sebelumnya dilakukan pada tahun 2012. Pemusnahan dilakukan di halaman kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Pratama Selatpanjang Jalan Tanjung Harapan, Selatpanjang, Kamis (17/12/2015).

 
Kegiatan pemusnahan milik negara ini hasil tegahan KPPBC Tipe Pratama ini dihadiri Asisten I Bidang Administrasi Pemerintahan Alizar SSos, Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Zahwani Pandra Arsyad SH MSi, Kepala Kantor Imigrasi Selatpanjang Tohadi, Kepala Cabang Rumah Tahanan Kelas 2 Selatpanjang, Wiwid Feriyanto Rahadian, Kepala Badan Karantina pertanian Andry Pandu Latansa, dan Ketua Lembaga Adat Melayu Kepulauan Meranti Ridwan Hasan.
 
Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Pratama Selatpanjang Widya Suprapto menjelaskan bahwa kegiatan tersebut adalah suatu komitmen bea cukai  terhadap barang barang ilegal yang masuk ke Kabupaten Kepulauan Meranti, khususnya Kota Selatpanjang. 
 
Dirinya juga menegaskan, untuk barang-barang tersebut tidak ada yang menjadi tersangka pasalnya tidak diketahui kepemilikannya, dirinya juga tidak menapik jika barang tersebut masuk ke Meranti pihaknya kerap kecolongan terkait pengawasan, pasalnya Meranti adalah daerah bergeografis kepulauan dan banyak pelabuhan-pelabuhan tikus yang tersebar.
 
"Kalau untuk jalur resmi kami rasa sangat tidak mungkin, karena petugas kita selalu berada dilapangan guna memantau masuknya barang barang tersebut," jelasnya.
 
Dari hasil tegahan tahun 2013 dan 2014 tersebut dihancurkan sebanyak 2.161 slop yang berisi 383.760 batang, barang kena cukai berjenis tembakau alias rokok, 252 botol barang kena cukai berjenis minuman yang mengandung alkolhol, 3.312 kaleng barang kena cukai jenis minuman mengandung etil alkohol, serta 43 unit smartphone jenis Iphone seri 6, Samsung galaxy note 2 dan 3,blackberry 9790 serta 100 kotak assesoris handphone lengkap senilai Rp 1 miliar lebih dimusnahkan dengan cara dipecahkan serta dibakar secara bersamaan.
 
Dari hasil operasi yang dilakukan oleh bea cukai untuk tahun 2015, dirinya juga menjelaskan, sudah mengumpulkan sebanyak 300 lebih barang ilegal berjenis handphone, dan tidak begitu pasti bentuk lainnya terutama tembakau serta minuman keras, dan barang -barang ilegal tersebut masih menunggu tersebut hasil proses ajuan peruntukkan.
 




comments powered by Disqus

 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved