Pencairan Dana Inbup Tergantung Kelengkapan dari Desa
Selasa, 05/01/2016 - 20:52:08 WIB
<br>

BENGKALIS - Tidak semua desa di Kabupaten Bengkalis mencairkan Dana Intruksi Bupati (Inbup) di akhir tahun 2015 lalu. Banyak desa-desa lain yang telah penerima pencairan dana Inbup sebelum akhir tahun 2015.

Hal tersebut dikatakan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Bengkalis, H Ismail.

Dikatakannya, cepat atau lambat dana Inbup tersebut dicairkan, semuanya tergantung kelengkapan persyaratan dari desa yang bersangkutan. "Misalnya telah melalui musyawarah Desa dengan BPD dengan menerbitkan Perdes, termasuk melampirkan apa apa saja yang akan dikerjakan dalam dana Inbup yang akan diusulkan tersebut," ujar Ismail.

Artinya, lanjut Ismail, ketika persyaratan itu lengkap, maka pencairan dana Inbup akan segera diterima. Sebaliknya, ketika persyarakat belum lengkap, maka Pemkab belum dapat mencairkan sampai pihak desa melengkapi berbagai persyarakatan yang dibutuhkan.

"Ketika dana Inbup yang telah diterima desa itu, di akhir tahun per 31 Desember masih juga tersisa (SILPA), maka dana itu tidak lagi dikembalikan ke Kas Daerah, tapi masuk ke APB-Des, dan untuk melanjutkan pekerjaan yang belum selesai itu, perlu dimusyawarahkan lagi antara pihak desa dengan BPD," tegasnya.(rls/hms)





comments powered by Disqus

 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved