Lukman Edy Laporkan 3 Pesaingnya ke Bawaslu
Kamis, 22/02/2018 - 16:39:59 WIB
Lukman Edy
Lukman Edy

PEKANBARU-Tiga kandidat Gubernur Riau dilaporkan ke Bawaslu terkait dugaan pelanggaran tentang Pemilu. Laporan itu disampaikan paslon Lukman Edy-Hardianto melalui kuasa hukumnya.

Menurut Lukman Edy, tiga kandidat yang berstatus kepala daerah diduga melakukan pelanggaran UU No 10 Tahun 2016 pasal 71 ayat (2) tentang pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota.

Dugaan pelanggaran 3 kandidat Gubernur Riau itu yaitu paslon nomor urut 2 itu melakukan mutasi pejabat eselon II, II dan IV.

"Sesuai dengan ketentuan yang ada, Gubernur, Bupati, Wali Kota yang menjadi petahana dilarang melakukan pergantian pejabat sejak enam bulan sebelum penetapan paslon oleh KPU," kata Lukman yang juga anggota DPR asal Riau itu seperti dilansir detik,Kamis (22/2/2018).

Jargon 'Gubernur Jaman Now' ini, menilai, mestinya Bawaslu melihat adanya pelanggaran dari ketiga kompetitornya itu.

"Tim pengacara kita sudah membuat laporan resmi ke Bawaslu Riau terkait dugaan pelanggaran tersebut," kata Lukman Edy.

Sebagaimana diketahui, KPU Riau telah menetapkan 4 paslon Cagub dan Cawagub Riau. Dari 4 paslon itu, hanya pasangan LE-Hardianto nomor urut 2, yang tidak menjabat sebagai kepala daerah. Hardianto sebagai Cawagub Riau berstatus anggota DPRD Riau. Paslon LE-Hardianto ini diusung PKB dan Gerindra.

Sedangkan paslon nomor 1, Syamsuar Cagub Riau ini berstatus Bupati Siak yang berpasangan dengan Edy Natar Nasution eks Komandan Korem 031 Wira Bima di Riau. Pasangan ini diusung PAN, NasDem dan PKS.

Paslon nomor urut 3, Firdaus sebagai Cagub Riau menjabat Wali Kota Pekanbaru berpasangan dengan Rusli Effendi. Paslon ini diusung Demokrat dan PPP.

Terakhir paslon nomor urut 4, petahana Gubernur Riau, Arsyadjuliandi 'Andi' Rachman berpasangan dengan Suyatno (Bupati Rokan Hilir). Paslon dengan jorgan AYO ini mendapat dukungan Golkar, PDI Perjuangan dan Hanura.(KT5)







comments powered by Disqus

 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved