Ilmuwan Geologi akan Perbincangkan Gambut Riau
Kamis, 26/10/2017 - 13:13:52 WIB
Ilustrasi lahan gambut
Ilustrasi lahan gambut

PEKANBARU-Pertemuan Nasional Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) rencananya akan digelar di Pekanbaru, Provinsi Riau tahun 2018 mendatang. Itu setelah dirumuskan dalam pertemuan nasional di Malang, Jawa Timur, September 2017 lalu.

Ketua IAGI Riau, Irdaz Muzwar didampingi penasehat organisasi, Bambang Triwahyono mengatakan bahwa pada pertemuan tersebut IAGI rencananya akan membahas tentang isu gambut, kondisi air tanah dan cadangan minyak bumi dan gas di Riau.

"Kita akan mengadakan pertemuan nasional IAGI di Riau. Rencananya akan membahas tentang geologi gambut seperti apa kondisi gambut di Riau guna mitigasi kebakaran hutan, kita juga kan membahas tentang kondisi air tanah cadangan migas di Riau kedepannya," ujar Irdaz, seperti dilansir antara.

Oleh karena itu, saat ini pihaknya yang tergabung dalam Panitia Ilmuwan Tahunan (PIT) Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) berencana bertemu dengan Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rahman terlebih dahulu. Menurutnya apabila rencana kegiatan ini disetujui oleh Gubernur Riau maka ini akan menjadi yang kedua kalinya dilangsungkan di Pekanbaru, Riau.

Kegiatan serupa, lanjutnya pernah dilangsungkan di bumi lancang kuning pada tahun 2006 silam. Dan itu menjadi kali pertama diadakan di luar Pulau Jawa sejak berdirinya IAGI pada tahun 1960.

"Jadi kita menemui gubernur dalam dalam konteks meminta dukungan. Apalgi sekarang ini Riau butuh kajian geologi seperti tanah gambut itu seperti apa agar bisa menjadi mitigasi bencana kebakaran hutan dan lahan," ungkapnya.(kt5)




comments powered by Disqus

 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved