Banjir di Kampar, Puluhan Desa Terendam
Sabtu, 16/01/2016 - 23:35:29 WIB
<br>

BANGKINANG - Puluhan desa di tepi sepanjang Sungai Kampar terendam banjir. Hal ini akibat luapan air Sungai Kapur, Sumatera Barat. Sehingga PLTA Kota Panjang terpaksa membuka air dari beberapa turbinnya.

"Banjir terjadi semenjak pukul 02.00 Wib dini hari WIB. Banjir terjadi akibat air kiriman dari Daerah Sumatera Barat," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kampar, Santoso.

Akibat melimpahnya air dari Sungai Kapur Sumbar, sambungnya, PLTA Kota Panjang terpaksa membuka beberapa turbinnya. Sehingga air sungai Kampar melimpah dan membanjiri puluhan desa yang berada di tepi aliran Sungai Kampar. Di antaranya, Kelurahan Langgini Kecamatan Bangkinang Kota,  Kelurshan Pulau Kecamatan Bangkinang, Desa Batu Belah, Air Tiris, Desa Tanjung Rambutan, Desa Kampung Panjabg, Desa Teratak dan beberapa lainnya yang berada di tepi aliran Sungai Kampar," ungkap Santoso.

untuk membantu masyarakat yang terkena banjir, sambungnya, BPBD Kabupaten Kampar telah mendirikan 2 unit dapur umum, 1 unit di Batu Belah dan satu Unit di Tanjung Rambutan, ungkap Santoso.

Santoso menambahkan, untuk membantu evakuasi masyarakat yang terkena banjir, BPBD Kampar telah menurunkan 20 orang personel. Jika situasi dan kondisi nanti tambah rumit, maka BPBD Kampar akan meminta pertolongan kepada BPBD Provinsi Riau. Dan untuk bantuan lain seperti Sembako masih dalam proses.

Santoso juga menjelaskan, bahwa pemberitahuan oleh pihak PLTA kepada masyarakat ternilai mendadak. Bahkan ada beberapa camat yang mengaku tidak mendapatkan surat pemberitahuan tersebut.(kt11)




comments powered by Disqus

 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved