Siap-Siap, Banjir Kiriman Diprediksi Terjang Inhu
Senin, 11/01/2016 - 12:08:43 WIB
<br>

PEKANBARU - Banjir hebat yang melanda sebagian wilayah di Kuansing sudah berangsur surut. Kini banjir serupa diwaspadai terjadi di Kabupaten Indragiri Hulu.

Demikian diungkapkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Riau, Edwar Sanger. Dijelaskan Edwar, banjir yang merendam ribuan rumah dan sawah di Kuansing saat ini sudah surut dan air bergerak dari sungai kuantan menuju Inhu.

"Saya barusan menghubungi Sekda Kuansing terkait banjir ini. Situasi terkini sudah mulai surut. Bantuan logistik audah juga disalurkan kepada masyakat. Banjir di Kuansing ini sifatnya hanya lewat, dan saat ini air bergerak menuju hilir sungai Kuantan," ujarnya, Senin (11/1/2015).

Dijelaskan Edwar, peluang banjir kiriman terjadi di Inhu cukup besar. Besarnya debit air yang bergerak menuju Inhu membuat pemerintah setempat harus melakukan langkah antisipasi.

" Inhu waspada banjir kiriman. Kita sudah koordinasi dengan Pemkab Inhu atau BPBD setempat. Kita juga sudah meminta dilakukan langkah antisipasi seperti lokasi alternatif untuk pengungsian dan pemenuhan kebutuhan bahan makanan warga jika sewaktu-waktu banjir kiriman datang," tandasnya.

Lebih jauh dijelaskan Edwar, beberapa daerah di Riau sebenarnya memiliki peluang terjadi banjir, menyusul tingginya intensitas hujan di beberapa daerah seperti Rohul, Kampar, Kuansing dan beberapa daerah lainnya.

Oleh sebab itu, Ia mendesak beberapa daerah yang belum membentuk BPBD segera membentuknya. Karena, selain banjir, Riau juga rawan longsor serta kabakaran lahan. "Saya minta Pemkab Kuansing secepatnya membentuk BPBD, agar segala sesuatu terkait bencana ini bisa terkoordinir dengan baik," harapnya.













comments powered by Disqus

 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved