Ayat Ajak Masyarakat Donasi untuk Palestina
Rabu, 31/01/2018 - 16:22:09 WIB
Ilustrasi, Palestina
Ilustrasi, Palestina

PEKANBARU-Wakil Wali Kota Pekanbaru, Provinsi Riau Ayat Cahyadi mengajak masyarakat ikut dalam Aksi Cepat Tanggap (ACT) donasi 10.000 Ton beras untuk warga Palestina.

"Ini adalah misi kemanusian. Tidak ada unsur politik atau apapun dalam aksi ini," ucap Ayat di Pekanbaru, seperti dilansir antara, Rabu (31/1/2018).

Lebih jauh ia menuturkan bahwa bantuan tersebut tidak hanya berupa beras saja, namun dapat juga berbentuk uang. Pasalnya, kondisi penduduk dari negara yang tengah dirundung konflik berkepanjangan tersebut makin memprihatinkan. Ia menambahkan, kejadian isolasi masjid Al Aqsa beberapa waktu lalu merupakan salah satu bentuk penindasan dan dikecam oleh banyak pihak.

Hal lain yang menjadi perhatian bagi Ayat adalah kedekatan emosional antara Indonesia dengan Palestina. Ia menuturkan bahwa sejarah mencatat bahwa Palestina adalah salah satu negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia. Hal ini dinilai penting mengingat peraturan Internasional menyebutkan kemerdekaan suatu bangsa membutuhkan pengakuan secara de facto dan secara de jure. Oleh karena itu Ayat menilai bahwa aksi penggalangan bantuan untuk warga Palestina adalah sebuah hal yang cukup penting.

Terkait hal tersebut, Ayat mengaku bahwa nantinya ia akan mengajak seluruh ASN yang ada di Pemerintah Kota Pekanbaru untuk turut serta berdonasi atas nama kemanusiaan. Bahkan tak tanggung-tanggung, Ayat berjanji akan mendonasikan seluruh gajinya di bulan Februari 2018 sebagai seorang Aparatur Sipil Pemerintah dalam aksi kemanusiaan tersebut.

"Ini baru rencana kita untuk membuat semacam ajakan kepada ASN di Pemko. Gerakan sukarela saja, dan tidak ada keharusan," kata Ayat.

Ditemui ditempat berbeda, Rahman selaku "partnership" dari Aksi Cepat Taggap Provinsi Riau menjelaskan bahwa bantuan 10.000 Ton beras tersebut merupakan aksi serentak yang digalang seluruh Indonesia. Nantinya bantuan tersebut akan dikirim pada tanggal 21 Februari 2018 melalui jalur laut dari pelabuhan di Surabaya dan diberangkatkan langsung ke Palestina.

Aksi tersebut merupakan lanjutan dari beberapa gerakan sebelumnya dimana lembaga kemanusiaan tersebut telah juga mengirim bantuan berupa "Water Tank" untuk kebutuhan air bersih, bantuan musim dingin, dapur umum untuk Al Aqsa dan Gaza
serta Bantuan medis.

 "Kita memang fokus pada aksi sosial ini. Tidak hanya dalam negeri, untuk luar negeri juga menjadi target kami," kata Rahman. 
   
Lebih jauh Rahman mengaku bahwa ACT sangat membutuhkan bantuan dari semua pihak. Berbagai upaya terus dilakukan seperti membuka posko bantuan hingga turun ke jalan.

Bagi masyarakat yang ingin menyalurkan bantuan dapat mendatangi langsung posko mereka yang berada di Jalan HR Soebrantas nomor 84C Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru atau dapat juga berdonasi melalui bank Syariah Mandiri nomor rekening 6666 7777 68 atas nama ACT. Selain itu bagi siapa saja yang ingin lebih tahu soal aksi tersebut dapat menghubungi nomor 085274332690.(kt5)




comments powered by Disqus

 
 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved