PKL Jalan Teratai Segera Direlokasi
Senin, 08/01/2018 - 12:37:15 WIB
PKL yang berada di Jalan Teratai Pekanbaru
PKL yang berada di Jalan Teratai Pekanbaru

PEKANBARU-Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru kembali wacanakan relokasi ratusan pedagang kaki lima (PKL) yang kini berjualan di badan Jalan Teratai. Rencana itu akan dilakukan pada bulan ini.

"Relokasi ke pasar Higienis kita harapkan dapat dilakukan Januari ini," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut di Pekanbaru,seperti dilansir goriau beberapa waktu lalu.

Secara fisik, bangunan Pasar Higienis yang juga berlokasi Jalan Teratai Pekanbaru telah selesai 100 persen dan siap untuk ditempati. Untuk relokasi itu, Disperindag akan berkoordinasi dengan tim yustisi, seperti pihak Kepolisian, Satpol PP serta Dinas Perhubungan.

Seperti diketahui, renovasi pasar Higienis sendiri telah dimulai sejak Mei 2017 lalu. Pasar itu dibangun Pemko Pekanbaru di awal 2016 silam dengan merombak bangunan sekolah dasar dengan anggaran sebesar Rp2,7 miliar.

Namun, relokasi pedagang ke gedung Pasar Higienis saat itu tidak berjalan mulus. Beragam penolakan disampaikan oleh para PKL. Meski sempat membuahkan hasil, PKL hanya bertahan beberapa bulan di Pasar Higienis sebelum kemudian kembali berjualan di pinggiran jalan.

Pasar tersebut sempat tidak dihuni selama setahun. Sejumlah fasilitas mulai rusak dan hilang, seperti mesin air, pintu (rolling door), tangki air, kabel listrik dan saklar lampu banyak yang hilang dan rusak. Kondisi pasar ini pun berantakan. Sampah tampak berserakan, halaman pasar tersebut juga tampak semak oleh rumput.(kt5)





comments powered by Disqus

 
 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved