Peringati HIV/AIDS Sedunia, Diskes Bagikan Bunga
Jumat, 01/12/2017 - 14:49:10 WIB

PEKANBARU-Dinas Kesehatan Provinsi Riau beserta jejaring masyarakat peduli HIV/Aids turun ke jalan guna membagikan ribuan kuntum bunga kepada pengendara yang melintas di persimpangan depan Kantor Gubernur setempat  Jumat pagi.

"Ini aksi simpatik dilakukan Diskes, Komisi Penanggulangan Aids, LSM yang peduli  sempena peringatan hari HIV/Aids sedunia," kata Kepala Dinas Kesehatan Riau Mimi Yuliani Nazir usai membagi bunga dan menempel stiker "Saya Berani, Saya Sehat" kepada pengendara di Pekanbaru,seperti dikutip antara, Jumat (1/12/2017).

Mimi menyebutkan sedianya aksi membagi bunga kepada para pengendara ini dilakukan juga  secara langsung oleh  Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman,  namun karena halangan niat itu gagal dan digantikan oleh Asisten II Setda Provinsi Masperi, didampingi jajaran Diskes,  KPA dan LSM.

Mimi menyebutkan aksi ini digelar serentak di kabupaten/kota se-Riau oleh Dinas Kesehatan masing-masing dengan cara mereka.

Yang penting sambung dia bagaimana pada peringatan Hari HIV/Aids sedunia ini menjadi ajang sosialisasi dan kepedulian semua masyarakat untuk bersama-sama memberikan pengertian bahwa penderita penyakit itu tidak perlu dikucilkan  dan terpenting mau menjaga diri dan memeriksakan ke klinik Voluntary Counseling and Testing atau konsel AIDS dan test (VCT)  yang ada di setiap Rumah Sakit kabupaten/kota bahkan Puskesmas.

"Sesuai thema "Saya Berani, Saya Sehat" maka mari kita periksakan diri ke klinik VCT di daerah masing-masing, gratis kok," ajaknya.

Ia menambahkan aksi bagi bunga dan pemasangan stiker di kendaraan di Pekanbaru dilaksanakan pada tiga titik yakni di Tugu Zapin,  simpang Mal SKA dan Tabek Gadang.

"Setelah hari ini akan ada peyuluhan HIV /Aids di beberapa kabupaten/kota yang diselenggarakan Diskes setempat, " ujar Mimi.

Pantauan Antara saat aksi turun ke jalan di simpang empat lampu merah depan Kantor Gubernur Riau tampat ratusan simpatisan dari Diskes, KPA dan LSM termasuk mahasiswa turun membawa poster,  spanduk dan brosur,  bunga serta stiker untuk dibagikan kepada pengendara roda dua maupun empat yang sedang melintas.

Aksi dalam pengamanan Kepolisian ini berlangsung damai, aman dan meriah,  karena ada beberapa penumpang dan pengendara yang senang diberikan sekuntum bunga sebagai tanda dan lambang kepedulian bagi upaya pencegahan penyakit HIV/Aids dan penderitanya.

Bahkan ada yang agak terkejut serta menyangka ini adalah aksi demo yang biasa sering terjadi, namun setelah diberikan brosur dan penjelasan  pengendara menyambut gembira dengan membuka kaca mobilnya lalu menerima pemberian oleh simpatisan.(kt5)




comments powered by Disqus

 
 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved