Mc Donald's Jadi Biang Macet, Ini Saran Kasat Lantas Pekanbaru
Selasa, 12/01/2016 - 20:08:58 WIB
<br>

PEKANBARU-Keberadaan Mcdonalds di Kota Pekanbaru sempat menyedot perhatian berbagai pihak, mulai dari masyarakat, kalangan legislatif termasuk dari Satlantas Pekanbaru.


Pihak Satlantas telah melakukan kajian terhadap dampak Amdal Lalin yang ditimbulkan oleh Mcdonal's yang berada di Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru.

Menurut laporan Kasat Lantas Polresta Pekanbaru Kompol Zulanda, kepada Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru menyampaikan bahwa Sat Lantas Polresta Pekanbaru menyarankan 2 Opsi kepada McDonald's, yang mana opsi pertama terdiri dari 6 saran.

1. Membatasi antrian kendaraan Drive Thru agar tidak melebihi pintu masuk pagar McDonald's, kemudian antrian kendaraan yang masih berada di jalur lambat harus diluruskan agar tidak menimbulkan kemacetan.

2. Meniadakan Drive Thru McDonald's, untuk kendaraan pengunjung langsung masuk dan parkir di area McDonald's.

3. Pemindahan Drive Thru dari sisi utara (sebelah kanan McDonald's) ke belakang dan pemindahan tempat pengambilan pesanan dari belakang ke sisi utara (sebelah kiri McDonald's).

4. Pemasangan rambu larangan parkir di jalan atau trotoar depan McDonald's agar antrian kendaraan yang akan masuk ke McDonald's tidak terhambat dan tidak menimbulkan kemacetan.

5. Jika tidak dipasang rambu larangan parkir pengunjung yang menggunakan kendaraan roda 2 akan parkir di depan McDonald's, hal ini akan menimbulkan kemacetan dikarenakan jalur lambat digunakan kendaraan pengunjung McDonald's. Lokasi pintu masuk McDonald's berdekatan dengan U-turn atau perputaran arah sehingga kendaraan yang akan memutar bersinggungan dengan kendaraan antrian McDonald's.

6. Penutupan pintu masuk sisi utara dan memperlebar pintu masuk McDonald's di sisi selatan, sehingga pintu masuk hanya satu pintu.

Sedangkan untuk opsi kedua, Kasat menuturkan, pihaknya menambah satu saran kepada pihak Mc Donald dari opsi pertama yang ada enam saran ditambah satu saran dengan tidak mengganggu fungsi dari trotoar yang seharusnya digunakan untuk para pejalan kaki agar para pejalan kaki tidak harus turun kejalan dan dapat membahayakan keselamatan.

"Kajian terhadap analisa dampak lalu lintas dari restaurant McDonald's tersebut dilakukan karena Jalan Jendral Sudirman tepatnya di sekitar McDonald's adalah salah satu titik lokasi rawan macet di Kota Pekanbaru," katanya.

Sedangkan untuk lahan parkir dari restoran tersebut sangat minim dan tidak dapat menampung parkir kendaraan dari pengunjung.

Sehingga sering sekali antrian kendaraan roda 4 dari pengunjung restoran tersebut sampai ke jalur lambat jalan Jendral Sudirman, bahkan kendaraan roda dua terlihat parkir di atas trotoar depan McDonald's yang seharusnya menjadi hak pejalan kaki.

"Kita menyarankan agar di depan McDonald's didirikan rambu larangan parkir atau berhenti agar arus lalu lintas di sekitar tidak terhambat mengingat sepanjang jalur tersebut banyak pertokoan dan mall pusat keramaian serta pintu masuknya yang bersinggungan dengan U-tun untuk perputaran balik arah arus lalu lintas," terangnya Kasat Lantas.

Selain itu, terkait Amdal Lalin Mcdonal's tersebut, Kasat juga menyebutkan pihaknya tidak pernah diminta tanggapan oleh pihak McDonald's ataupun Pemko Pekanbaru sendiri.

"Yang pasti kita tidak pernah mengeluarkan rekom Amdal Lalin McDonald's," tegasnya. 




comments powered by Disqus

 
 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved