MUI Pekanbaru Pertanyakan Sertifikat Halal McDonald
Jumat, 08/01/2016 - 09:21:38 WIB
Ilyas Husti, Ketua MUI Pekanbaru<br>
Ilyas Husti, Ketua MUI Pekanbaru

PEKANBARU - Izin kehalalan yang dikantongi oleh pengusaha makanan siap saji McDonald di Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru dipertanyakan.

Pasalnya, McDonald hanya mengantongi izin kehalalan yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat semata dan tidak mengikutsertakan MUI di daerah yang bersangkutan yakni MUI Kota Pekanbaru, bahkan ternyata masa berlaku sertifikasi kehalalan produk makanan yang diperjualkan oleh McDonald juga sudah habis.

Diketahui, dari sertifikat halal bernomor 00160000630499 dan ditandatangani oleh Ketua MUI Pusat DR KH MA Samal Mahfudh tercantum usaha franchise atas nama PT Rekso Nasional Food itu diterbitkan 24 Desember 2013 dan habis berlakunya 23 Desember 2015.

"Masyarakat hati-hati, saya menyarankan khususnya muslim tidak ikut mengkonsumsi makanan siap saji itu, karena produknya disini sementara izin kehalalannya dari pusat. Kita di daerahkan tidak tahu apakah sudah benar-benar halal atau tidak, tapi kalau produknya di Pekanbaru dan izin kehalalannya dari MUI Pekanbaru itu tidak masalah," ungkap Ketua MUI Pekanbaru Ilyas Husti, Kamis (7/1/2016).

Bahkan lanjut Ilyas lagi, sertifikat kehalalan yang dikeluarkan MUI Pusat itu tidak bisa serta merta berlaku begitu saja, namun ada ketentuan-ketentuannya dan pengusaha McDonald harus mengikutsertakan izin kehalalan dari MUI kota Pekanbaru tempat McDonald beroperasi.

Terkait persoalan tersebut MUI Kota Pekanbaru sudah melakukan komunikasi dengan MUI Provinsi Riau agar segera menyurati MUI Pusat sebagai tindak lanjutnya.(kt2)




comments powered by Disqus

 
 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved