Dewan Riau Gesa Ranperda Destinasi Wisata
Rabu, 06/01/2016 - 18:19:30 WIB
<br>

PEKANBARU - Dalam mengembangkan destinasi wisata di Provinsi Riau, DPRD Riau melalui komisi E akan menggesa Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Pengembangan dan Destinasi Wisata di Riau menjadi Perda.


Ketua Komisi E DPRD Riau, Masnur, Rabu (6/1/2015) menuturkan Ranperda yang merupakan inisyatif dewan tersebut saat ini naskah akademisnya mulai digodog.

"Saat ini sudah mulai dibahas, harapan kita akhir bulan Februari atau awal Maret sudah bisa disahkan," kata politisi Golkar ini.

Yang terpenting dari perda tersebut menuturnya menjadi landasan hukum yang kuat dalam penganggaran wisata di Provinsi Riau. "Sehingga jumlah destinasi ini jelas dan ada payung hukum yang kuat meski sudah ada undang-undang. Karena kita lihat tidak ada sentuhan khusus di Kabupaten," tuturnya.

Kedepan, menurut mantan anggota DPRD Kabupaten Kampar ini, dunia wisata akan menjadi bagian yang sangat penting dalam mendongkrak ekonomi masyarakat, karena wisata akan menimbulkan multi player efek. Dirinya mencontohkan potensi wisata di Kabupaten Kampar.

"Saya akan lihat di Kampar ada air terjun kemudian ada danau. Ini adalah potensi untuk menjadi pendapatan bagi daerah dan juga masyarakat. Kenapa saya katakan seperti itu, jika ini dikembangkan itu akan berimbas pada masyarakat. Dimana akan membangun ekonomi kreatif masyarakat," papar Masnur.

Menurutnya, saat ini Pemerintah Provinsi hanya bisa memberikan pos anggaran untuk wisata hanya melalui Bantuan Keuangan (Bankeu). Jika, nantinya ada Perda maka peran Pemerintah Provinsi Riau bisa lebih banyak lagi dalam mengembangkan wisata di Riau.

Diharapkan nantinya akan ada agen-agen wisata yang kemudian akan mempermudah turis-turis lokal, nasional maupun internasional. "Kita harapkan nanti bukan hanya agen-agen untuk umrah, tapi akan banyak agen-agen untuk wisata di Riau," harapnya. 




comments powered by Disqus

 
 
   
About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
Copyright © 2014-2016 PT. KATA RIAU MEDIA, All Rights Reserved